Search This Blog

Singkong, Roti, dan Rasa Syukur

Dai sejuta umat, KH. Zainuddin MZ pernah mengatakan, "Lebih baik makan singkong tapi beneran daripada makan roti tapi mimpi." Kalimat singkat namun sangat bermakna.


Begitulah kehidupan mengajarkan kepada kita bahwa lebih baik kita menikmati apa yang kita dapatkan walaupun sederhana dan biasa saja, ketimbang kita menikmati apa yang kita dapatkan tapi hanya sekedar menghayal saja. Karena dengan menikmati apa yang kita dapatkan itulah membuat kita belajar yaitu belajar bersyukur. Karena bukan dengan bahagia yang membuat kita bersyukur, tetapi dengan bersyukurlah yang membuat diri kita bahagia.

Juga dengan bersyukurlah maka kenikmatan yang kita dapatkan akan ditambah oleh Tuhan. Namun apabila kita mengingkari nikmat yang kita dapati ya azab Tuhan amat pedih.

Begitu juga dengan universitas. Lebih baik kita menikmati universitas yang kita dapati sekarang walaupun universitas itu biasa saja, daripada kita cuma menikmati jadi mahasiswa ITB, UI, UGM dan lain-lain tapi hanya mimpi di siang bolong, nyanyi di gurun pasir.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan sopan. ConversionConversion EmoticonEmoticon