Search This Blog

Ini Resep Mujarab Jadi Orang Pinter

Guru saya yang hanya seorang guru kampung namun khidmatnya pada masyarakat sangat layak ditiru pernah mengatakan:
"Ris! -begitu sapaan saya ketika di daerah rumah (baca: Faris)- Ilmu itu kayak kopi".
"Loh! Kayak kopi gimana tadz?".
"Iya bener kayak kopi! Ente tau kan kopi yang udah jadi di gelas tuh gimana?".

"Tau tadz", saya menjawab cepat.
"Nih resep kalo mau pinter biarpun udah lama kaga sekolah lagi".
"Gimana tuh tadz?", tanya saya heran.

"Iye, ilmu itu kayak kopi. Coba liat kopi tuh di gelas. Kalo diaduk ntuh kopi ampasnya pasti naek ke atas! Tapi kalo kaga diaduk kan diem aja, ngendep di bawah", jelasnya.

"Oiye tadz. Itu juga saya tau! Lah hubungannya ama ilmu pegimana?".
"Yah. Lu sekolah tinggi-tinggi kaga ngerti itu. Ilmu itu kayak kopi di gelas ntuh tadi. Kalo diaduk tuh kopi pasti naek ke atas.

Nah gitu juga ilmu. Tuh ilmu yang udah kita punya, kaga bakal kita inget kalo kaga diaduk ama kita. Aduknya gimana? Yaa kita ngajarin ilmu yang udah kita dapet itu proses ngaduk kopi. Itu kenapa ustadz-ustadz tu pada pinter. Soalnye dia belajar, trus dia langsung ngajar lagi ke murid-muridnya. Karna sering ngakar tu ustadz jadi pinter. 

Bukan gara-gara tu ustadz jenius! Gitu.. Paham lu", terangnya sangat terperinci,

Kemudian beliau mendikte saya sebuah kaedah dalam bahasa Arab (bahasa Arab 'plesetan'):
   العلم كالكوفي إذا أدك أنك وإذا لم يدك لو ينك
"Al 'ilmu  kal-kufi idzaa udika unika wa idzaa lam yudak lam yunak".
"Ilmu itu bagaikan kopi, kalo diaduk pasti akan naik ke permukaan gelas, tapi kalau tidak diaduk tetap di dasar gelas, tidak naik".

Saya hanya menganggukan kepala saja merasa tersadarkan. Kenapa analogi sederhana itu tidak pernah terbesit dalam pikiran saya? 

Ya begitulah, terus belajar dan terus mengajar itu bagian dari melekatkan ilmu yang sudah didapat agar tetap terpelihara.

Yang lebih untung lagi bahwa dengan cara ini kita menjadi orang yang banyak pahalanya. Bagaimana tidak? Toh satu huruf yang kita ajarkan kepada saudara muslim kita itu diganjar sepuluh pahala oleh Allah swt. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw. 
العلم بلا عمل كالشجر بلا ثمر
"Ilmu yang tidak diamalkan, bagai pohon yang tak ada buahnya".

Wallahu A'lam.
Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan sopan. ConversionConversion EmoticonEmoticon